Strategi Emotional Focused Coping Bagi Pendidik

 

            Hari ini kegiatan disekolah adalah mencicil mengirimkan nilai ke E-Rapot peserta didik sekaligus breefing kepada peserta didik yang akan berkompetisi di ajang Pentas PAI tingkat Kabupaten Tapin. Dengan berkolaborasi dengan Guru Bahasa Indonesia yakni Ibu Munikah dan Guru Seni Budaya yakni Ibu Eka untuk membina peserta didik yang akan berkompetisi. Diantara lombanya untuk SMA/SMK adalah Musabaqah Tilawatil Qur'an, Debat PAI, Pidato PAI, dan Nasyid. Karena di era sekarang guru dituntut untuk membangun diri dengan Super-Team bukan hanya Super-Man. Jadi ajang lomba ini dijadikan untuk meningkatkan kolaborasi antar mata pelajaran.

              Malam hari ini narasumber menyampaikan mengenai materi strategi emotional focused coping bagi pendidik. Coping adalah mengubah kondisi stres agar bisa menjadi teratasi. Emotional focused coping adalah strategi dalam mengendalikan respon emosional akibat stressor yang lebih berfokus pada upaya untuk pengurangan emosi kurang menyenangkan ketika menghadapi tekanan . Contohnya adalah ketika kita diberi tugas tambahan oleh kepala sekolah ,maka kita akan mengalami suatu perasaan. Orang yang memiliki problem focused coping biasanya akan cenderung kepada langsung mengerjakan tugas tersebut agar mengurangi kumpulan emosi untuk mencapai kesenangan atau kenyamanan.

                    Tetapi jika orang tersebut berfokus pada strategi emotional focused coping   maka biasanya ia akan mengalihkan sejenak tugas tersebut untuk melakukan hal yang lain agar moodnya kembali seperti minum kopi dahulu, atau menonton film dahulu,dan lain lain . Al hasil nantinya dia dapat mengerjakan tugas tambahan tersebut dengan perasaan senang atau nyaman . Emotional focused coping bisa bermanfaat untuk masalah yang terdapat diluar kontrol diri kita. 

                


                 Maksud dari gambar diatas ini adalah jika perasaan yang kita lakukan ketika mendapatkan suatu permasalahan dengan memendam maka seperti balon tersebut akan membesar dan meletus. Agar tidak meletus maka yang kita lakukan adalah tekanan tersebut dikurangin, ini lah yang dinamakan strategi coping. 

                Kalau emotional coping maka yang dilakukan adalah mengeluarkan segala perasaan yang menekan kita agar kita berada diposisi yang relax atau tidak tegang. Berikut adalah teknis-teknis dalam menggunakan strategi emotional focused coping sebagai berikut :

 1. Relaksasi Nafas 


2. Mengobrol dengan Diri Sendiri

3. Melakukan Butterfly Hug


4. Menulis

5. Kegiatan Lainnya



        

Komentar