Profil Pelajar Pancasila Pada Pesantren Ramadhan

 

        Alhamdulilah Ramadhan ke 29 sedang berlangsung, Penulis baru datang dari Samarinda sekarang dengan menggunakan bis dan  sedang transit di Banjarbaru, dikarenakan harga tiket ke Semarang lebih murah jika melalui Bandara Banjarmasin. Harga tiket pesawat luabiasa mahalnya di minggu-minggu hari raya ini.

    Hari ini adalah hari terakhir pengumpulan tugas kelompok pesantren ramadhan tahun 2023. Penulis sengaja mengubah pola lama untuk anak SMA yang biasanya menulis di kertas ramadhan mengisi kegiatan aktivitas dengan mencentang, tetapi menurut penulis untuk sekarang itu kurang efektif lagi. Karena Pendidikan Agama Islam itu adalah pembiasaan atau latihan yang nyata, bukan sekedar administrasi belaka. Maka daripada itu penulis dan tim pesantren ramadhan ber-inisiatif untuk menggunakan hal baru yakni "Vlog Pesantren Ramadhan". Nilai-nilai yang diharapkan tumbuh kepada peserta didik kedepannya dari kegiatan "Vlog Pesantren Ramadhan" ini diantaranya :

Kolaborasi

        Hal ini adalah salahsatu dari nilai-nilai yang sangat penting di era zaman sekarang, ketika sikap individualistik menjadi suatu penyakit yang lahir dari modernitas ini. Maka nilai kolaborasi ini menjadi program diri yang harus dimiliki dan diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dahulu yang saling melengkapi dengan kemampuan masing-masing dalam bingkai kolaborasi.
       Bahkan nilai-nilai kolaborasi atau gotong royong ini adalah nilai yang asli dari penduduk Indonesia yang mulai tergerus dengan sibuknya pekerjaan zaman modern ini. Dari pagi hingga sore, malam pun hanya digunakan istirahat, terkadang sesama tetangga pun tidak seperti dahulu yang saling berinteraksi sangat intens. Antara orangtua dengan anak pun memiliki dunia masing-masing di dalam genggaman tangannya. Alhasil interaksi antara orangtua dan anak pun sangat berkurang, bahkan anak lebih percaya perangkat lunaknya ketimbang perkataan orangtua. Karena dianggap nasehat orangtua sudah tidak pada zamannya lagi. Oleh karena itu ketika ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan pesantren ramadhan kami berupaya pertama berdialog dengan siswa dan orangtuanya, lalu tugas pengganti yang diberikan pun berkolaborasi dengan orangtuanya atau jika tidak memiliki orangtua bisa berdampingan dengan masyarakat seperti shalat shubuh berjamaah. Harapannya antara sekolah, orangtua, dan masyarakat dapat saling mengisi ruang tumbuh siswa untuk peradaban yang berkualitas kedepannya. 
        Disamping dahulu PPK ( Penguatan Pendidikan Karakter) yang salahsatu asasnya adalah gotong royong, pada Profil Pelajar Pancasila pun nilai gotong royong tidak dihilangkan, bahkan di upayakan hadir disetiap mata pelajaran. Maka daripada itu guru harus selalu mencari inovasi terkait gotong royong yang dapat input didalam proses pembelajaran siswa.

Memanfaatkan IT 

        Salahsatu keahlian atau keterampilan yang wajib dimiliki oleh siswa zaman sekarang adalah penggunaan Informasi dan Teknologi. Apalagi tantangan kedepan adalah bagaimana agar siswa dapat dengan cerdas dan bijak dalam  menggunakan IT ini. Disinilah peran guru agar mengisi ruang tersebut. Karena sungguh mustahil jika kita tidak menggunakan IT bahkan menghilangkan IT tersebut,karena sudah menjadi kebutuhan. Bahkan menurut penelitian Fahdian Rahmandani, Agus Tinurs, M.Mansur Ibrahin dalam jurnal yang berjudul Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smarphone) Terhadap Kepribadian dan Karakter Peserta didik di SMA Negeri 9 Malang mengatakan bahwa rata-rata waktu peserta didik menggunakan gadgetnya selama 3 jam sampai lebih dari 7 jam untuk membuka media sosial. Maka daripada itu guru harus hadir disana. Penulis dan tim pesantren ramadhan 2023 akhirnya menggunakan media sosial sebagai tempat mengumpulkan tugas tersebut, media sosial yang digunakan adalan instagram kelas yang dibuat oleh peserta didik. Jika pembaca lihat, siswa sekarang lebih kreatif dalam berkreasi di dunia digital, silahkan pembaca klik tautan dibawah nanti hasil dari tugas siswa. tetapi yang harus lebih ditekankan kedepannya , bagaimana nilai-nilai Islam hadir di media sosial, sehingga dampak manfaatnya lebih luas, bukankah setiap muslim/muslimah itu adalah agen pemasaran wajah Islam. Ditengah hoax dan tebaran kebencian kepada seseorang, seorang guru harus hadir mengajarkan kebijaksanaan dalam menggunakan IT. Karena IT ini seperti pisau yang tergantung penggunaannya. Pisau bisa digunakan untuk membunuh disisi lain pisau berguna untuk memotong sayuran sehingga makanan bisa santap bersama dengan enaknya.

Kreativitas

        Ini adalah program penulis dan tim pesantren ramadhan untuk menjalankan nilai-nilai yang terkandung pada Profil Pelajar Pancasila yakni kreatif. Didalam Platform Merdeka Mengajar, kreatif adalah  proses yang memunculkan gagasan baru dan pertanyaan-pertanyaan. Gagasan yang orisinal dirangsang dari beragam pengalaman dan pengetahuan. Lingkungan yang mendukung dan mengapresiasi lontaran ide, serta memberi ruang bagi siswa untuk bertanya dan mengkritisi banyak hal adalah faktor penting. Kreatif juga mampu mengkomunikasikannya dalam suatu wujud tindakan dan karya nyata. Siswa yang kreatif juga memiliki keberanian dalam mengambil risiko dan mampu mempertimbangkan dampak yang mungkin terjadi. Pada akhirnya siswa yang kreatif akan mampu bereksperimen dengan berbagai pilihan yang dimiliki dan menjalani yang terbaik.
        Memang dalam proses membuat siswa kreatif ini membutuhkan waktu yang panjang, tidak langsung terwujud hasilnya, tetapi dari pesantren ramadhan ini kita mulai dimensi kreatif ini. Dengan mereka membuat vlog yang didalamnya adalah rangkuman ceramah selama pesantren ramadhan, liputan kegiatan pesantren ramadhan, dan pesan kesan untuk pesantren ramadhan kedepannya. 

Religius

      Jika didalam Profil Pelajar Pancasila hal ini adalah dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Inti dari hal ini adalah mewujudkan masyarakat yang religius dalam hal ini masyarakat khususnya adalah lingkungan sekolah. Menciptakan lingkungan yang religius itu juga bukan perkara instan, harus dimulai sedini mungkin ditengah pertukaran nilai global yang semakin mudah diakses oleh siswa. Inti dari religius ini adalah ketika melakukan sesuatu dia selalu teringat bahwa Allah SWT selalu mengawasi tingkah lakunya. Akhirnya dia berhati-hati dalam bersikap, bertindak, dan berbicara. Dan dia takut untuk melakukan yang tidak disukai oleh Allah SWT seperti korupsi, dzalim kepada bawahan, keputusan yang sewenang-wenang, dan lain-lain.  Dalam menciptakan iklim religius ini peran kerjasama seluruh warga sekolah harus dikedepankan, karena jika berharap kepada Guru Agama Islam saja maka itu sungguh mustahil. Semua elemen sekolah harus bersama-sama menumbuhkan sikap religius ini. Apa yang diperintahkan oleh murid, maka guru pun harus menjalani hal tersebut seperti shalat dhuzur berjamaah, tepat waktu, tidak berbicara yang sia-sia, buang sampah pada tempatnya, dan lain-lain. Sehingga lingkungan religius dapat terwujud dengan kultural tanpa hanya administrasi belaka atau jargon belaka. Kerjasama menciptakan lingkungan religius ini adalah peran seluruh warga sekolah tanpa terkecuali.

Berikut adalah hasil karya tugas dari Siswa SMA Negeri 1 Rantau Kabupaten Tapin selama pesantren Ramadhan berlangsung :

Nama Nama Kelompok

Kelas

Link tugas kelompok instagram

M.Rafi akbar ( yang gk turun pesantren ramadhan kena panggil orgtua )

X 1

https://youtu.be/9Lmsjj1gVb8 gk punya instagram.

kelompok suka suka ceria

X 1

https://www.instagram.com/reel/Cq7rmLrpty3/?igshid=MTIyMzRjYmRlZg==

muhammad Miftahul Fakhmy

X 1

https://youtu.be/s6irYpzgdOc

1. Annisa Putri Rahmah, 2. Ajwa Norhidayah, 3. Isya Widiyana, 4. Remeyza Ezza Eziza

X 1

https://www.instagram.com/reel/CrEBzuWJBE1/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Kelompok suka suka cemria

X 1

https://www.instagram.com/reel/CrGNNy9JZPo/?igshid=MTIyMzRjYmRlZg==

1. Ajwa Norhidayah
2. Annisa Putri Rahmah
3. Isya Widiyana
4. Remeyza Ezza Eziza
5. Sitatun Esti Purnawati

X 1

https://www.instagram.com/reel/CrH0Nf0JRxp/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Eliana Putri Acisa
Nanda Aulia Rahma Shafitri
Salma Alya Hanifa
Siti Hafsyah Maulida
Siti Nur Aliya
Siti Salma Noor Miladiya

X 1

https://www.instagram.com/reel/CrLkZ16p4a4/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Abdul latif

X 1

https://youtu.be/GBf2E2I9jzI

1. Cifitha Suciati
2. M. Reyshandy Aulia
3. Muhammad Ahyad
4. M. Kamal Ridhany
5. Nabila Rahmawati
6. Nilna Nor Aulia
7. Yudit Tantia Safitri

X 1

https://www.instagram.com/reel/CrNI89pJbqT/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1.Rizka Fauzia
2. Annisa Rahimah
3. Noor Aisyah
4.Siti Salmah
5.Jahratul Nazla
6.Mariyani

X 2

https://www.instagram.com/reel/CrHz81dJdsJ/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

ANGGOTA KELOMPOK:
1. Siti Hajar Wati
2. Siti Nur Ashfiya
3. Fitri Ariani
4. Zaida Fathonah Sari
5. Muhammad Haikal Fais

X 2

https://www.instagram.com/reel/CrJFtBuJssg/?igshid=ZTE2MDY0MWU=

• MUHAMMAD RIFQI
• MUHAMMAD FASHA MAHADANA
• MUHAMMAD HYKAL RAMADHAN
• MUHAMMAD SAYIT ROHMAN
• MUHAMMAD AKBAR RAHIM
• MUHAMMAD ARIFIN
• DERREL TERECIO ORESTES

X 2

https://www.instagram.com/reel/CrJu6kGLOlv/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1. Nadya Syifa Ramadhani
2. Aulia Putri
3. Rakhel Annisa
4. Noor Afifah Azzahra
5. Muhammad Kamil Atqiya
6. Akhmad Maulidy Arby

X 2

https://www.instagram.com/reel/CrL5ynlse30/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Anggota kelompok :
1. Nayla Wahdatun Nasyrah
2. Siti Aisyah
3. Putri Amanda Lestari
4. Filzah Noveira Putri
5. Saskia Rafa
6. Norfatimah

X 2

https://www.instagram.com/reel/CrNYSMKt7wl/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Kelompok PINNSS
Nama anggota:
1. Naila Rahma
2. Putri Damayanti
3. Siti Melisa Putri
4. Norsafina
5. Ica Maresty
6. Siti Aisyah

X 3

https://www.instagram.com/reel/CrBBW24Jzfq/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Kelompok 4 Ramadhan Generation
1. Siti Rabi'ah Kamil Putri
2. Ufiya Nur Afuza
3. Azka Rizqia
4. Muhammad Fikri Nabillah
5. Muhammad Akbar Risqi Fadhil Budiyono
6. Fitrian Zadmiko Anhari

X 3

https://www.instagram.com/tv/CrEm7mduQSx/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Kelompok 2 Ramadhan Booyah

X 3

https://www.instagram.com/tv/CrF8qXWpaLD/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

M.YusufAditya

X 3

https://youtu.be/KTJSgN4Lj9s

Wrong numbers
- karlina
- Endah yulianti
- Fathul jannah
- Dian mellyana
- muhammad naqib
- selvy laviana dewi

X 3

https://www.instagram.com/tv/CrKYPtLJ_R0/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Laskar Ramadhan

X 3

https://www.instagram.com/reel/CrNejb6p6u_/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Laskar Ramadhan

X 3

https://www.instagram.com/tv/CrNudBNp14Q/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

M.YusufAditya

X 3

https://youtu.be/R-euCNVPs1E

Al Karim

X 4

https://www.instagram.com/reel/CrCG8AogL4W/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Alnadira
Erika Aulia Zahra
Ilma Ulya Hapizhah
Septia Fitri Ramadhini
Siti Nafisa Rahmina

X 4

https://www.instagram.com/reel/CrGESgeJz8y/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

SITI RAHMAH
RANIA RAMADHANI
NOR SYIFA RISKIAH
MUTIA ZULFA RAUDATI

X 4

https://www.instagram.com/reel/CrJwK1vgQNZ/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Al Jannah

X 4

https://www.instagram.com/reel/CrOCEh2Jq1_/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Islami

X 4

https://www.instagram.com/reel/CrOQQAJJph3/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1. Irma nazwa
2. Annisa nikmathul Hamidah
3. Sa'idatul farihah
4. Fahriana
5. Siti raudah
6. Anandia intan Sari

X 5

https://www.instagram.com/reel/CqzjVcvJNo4/?igshid=ZWIzMWE5ZmU3Zg==

1.Nabila Caroline
2.Noor Nabila Azmi
3.Gadis Melly Chintya
4.Septia Ismi Pasya
5.Siti Aulia Rahma
6.Nana Maulina

X 5

https://www.instagram.com/reel/CrAUnHip3Pn/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Sobat Gurun

X 5

https://www.instagram.com/reel/CrKskSnp993/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1. Muhammad Adi Pratama Akasela
2. Muhammad Al Giffary
3. Muhammad Farrel Alfahreza
4. Muhammad Hafy Ramadhan
5. Muhammad Mauladdawilah
6. Rudy Aripin

XI IPA 1

https://www.instagram.com/tv/CrK224ZpIKh/?igshid=MWQ2ODkyMjM=

Kelompok 4

XI IPA 1

https://www.instagram.com/reel/CrM5mp8J4do/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Kelompok 2

XI IPA 1

https://www.instagram.com/reel/CrM7kSBpUB9/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Kelompok 2
-Ahmad Syarif Azhari
-Desintya Puspita Sari
- Gezza Falishna Putri Margono
- Muhammad Mahalli Fauza
- Nathania Srikandi Ayudya

XI IPA 1

https://www.instagram.com/reel/CrM7kSBpUB9/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Kelompok 5
1. Hadijatul Munawarah
2. M. Arrafi Razzaq
3. Nazua Nafisah
4. Nor Fauzia
5. Pusri Ismorowati

XI IPA 1

https://www.instagram.com/reel/CrNWW5MJkfK/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Kelompok 5
1. Hadijatul Munawarah
2. M. Arrafi Razzaq
3. Nazua Nafisah
4. Nor Fauzia
5. Pusri Ismorowati

XI IPA 1

https://www.instagram.com/reel/CrNhC0sJY1p/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1). Elvyna Rahma Yanuari
2). Halipah
3). M. Dinata Nugraha
4). Maureen Graciella
5) Najwa Nashita Meilyannoor
6). Raja Al Mecca Noor Zam Zam

XI IPA 1

https://www.instagram.com/reel/CrNEBJoJQ1e/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1. Zalfa Badriyah Putri Nurkholish
2. Shintia Aulia
3. M. Nuril fahmi
4. M. Zamzam afandi
5. Zidan Fadillah
6. Ramadani

XI IPA 2

https://www.instagram.com/reel/CrOJpehp70L/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Kelompok 4
1). Revasya Yora Seisaria
2). Situ Nuraisah Amalia

XI IPA 2

https://www.instagram.com/reel/CrOGVDbJg98/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1.M ramadahani
2.M Nabil raihan
3.M tian janu
4.Gilang ari murfi
5.Bayu galang ws

XI IPA 3

https://www.instagram.com/reel/Cqp1-0CJVqQ/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Siti hana
Siti Muslimah
Yulisa dewi Astuti

XI IPA 3

https://www.instagram.com/reel/Cq5MPLWpONO/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1. Aulia agustina
2. Eugenia irene anindiya
3. Meina azizah
4. Salsabila dea ananda
5. Tri noor fatimah afriyani
6. Yuyun hariani

XI IPA 3

https://www.instagram.com/reel/CrDhjJQJ2do/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Asep Syaifulloh
Awangku Nimas Putri Kartika Sari
Mutiara Raihana
Raihan Aizar Rasyid
Rani Mayang Sari
Widi Saputra

XI IPA 3

https://www.instagram.com/reel/CrGIcglJtPO/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Puspa meliyani

XI IPA 3

https://www.instagram.com/reel/CrIGmwapq-k/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Puspa meliyani

XI IPA 3

https://youtu.be/dJ1sHKC27eQ

Misna norhasanah

XI IPA 3

https://youtu.be/_R6aSUa5eiM

Meina Azizah

XI IPA 3

https://www.instagram.com/reel/CrLeOmWpTjm/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Salma azzahra

XI IPA 3

https://youtu.be/bZnFh6uQdlE

SITI AISYAH

XI IPA 3

https://youtu.be/-RuMwwaTVjI

- suryadi
-muhammad rizki firzatullah
-Haris Fadilah
-muhammad idris
-yhazid ghanie chairy
-Akhmad Rusadi

XI IPS 1

https://www.instagram.com/reel/CqeKYvkjPXR/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

-Suriyadi
-Muhammad Rizki Firzatullah
-Haris Fadilah
-Muhammad Idris
-Yhazid Ghanie Chairy
-Akhmad Rusadi

XI IPS 1

https://www.instagram.com/reel/CqeKYvkjPXR/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Nama Anggota :
1. Putri Auliya
2. Halimatul Hasanah
3. Siti hadijah
4. Nor Azizah
5. Nabila Marendra
6. Iklimah

XI IPS 1

https://www.instagram.com/reel/Cq4evFMpAFG/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Najmah Zahra
Galuh Berlian M.K
Sya'diah Hossen
Siti Nourhaliza
Zulhi Jatil Hasanah
Mei Sabta Osa

XI IPS 1

https://www.instagram.com/reel/Cq-BzNIpRBc/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Muhammad Maulidi

XI IPS 1

https://www.instagram.com/reel/CrM8p2Up8lL/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

1. Hairunisa
2. Raihanudin Ibrahim
3. Vera Ikadhani Santoso
4. Wiwin Setyoningrum

Dari ngedit, pengisi suara, sampai meringkas yang mengerjakan Vera semua pak, bu
🥲🙏

XI IPS 2

https://www.instagram.com/reel/CrGZdFupLAm/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

• Huda
• Muhammad Abdis Rahim
• Muhammad Abdul Karim
• Noor haliza
• Noor Syifa Zahra

XI IPS 2

https://www.instagram.com/reel/CrH9kFUpKiP/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Ardy, Raffi, Zalfa, Jailani

XI IPS 2

https://www.instagram.com/reel/CrIHU7kJqJO/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Muhammad Herdana Pasya
Masrawan
Balya Ibnu Sahdan
Muhammad Khairil Ilham
Muhammad Ahyadi Rahman
Angga Praja Abdillah

XI IPS 2

https://www.instagram.com/reel/CrOH8L1p02r/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Pesantren ramadhan

XI IPS 3

https://www.instagram.com/reel/Cq_0OoTtoWd/?igshid=YmMyMTA2M2Y=


1. M.Murtadha Abdan
2. Muhammad Irfan Maulana
3. Muhammad Sahri Dima
4. Muhammad Reswan Effendi
5. Nanang Herlian
6. Ahmad Nabil

XI IPS 3

https://www.instagram.com/reel/CrI8wpKJI_v/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Noor Rezka Askia

XI IPS 3

https://www.instagram.com/reel/CrK6TL3pjTG/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Puti Puput Maharani
Siti Norkhalisa
Rahma Yanti
Hidayanti

XI IPS 3

https://www.instagram.com/tv/CrNGVOWpqc4/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

 

 

 

 

 

 

Kelompok 3 Pesantren Ramadhan: 1. Aisyah Dwi Purnama 2. Asyifa Putri Amalia 3. Gadis Aulia Ardini 4. Kharisma Putri Ramadhani 5. Puspa Ningrum 6. Maulana Rifky Kusnadi

XI IPA 2

https://www.instagram.com/reel/CrPks22pC3l/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

 

 

   


Komentar