Penutupan Pesantren Ramadhan 2023

 



        Alhamdulilah hari ini adalah hari ke-9 Ramadhan, bertepatan dengan Hari Jum'at yang mengandung banyak keutamaan jika beribadah di hari tersebut. Hari ini juga diadakan penutupan pesantren ramadhan 1444 H/2023. Diawali dengan ceramah dan shalat hajat yang dipimpin oleh Bapak Norkamal Pahya. Dalam ceramahnya mengutip dari kitab karangan Syekh Nawawi Al Bantani beliau berkata bahwa indikator yang bisa membuat pahala puasa kita habis yakni :
1. Berkata dusta.
2. Ghibah(membicarakan kejelekan orang lain)
3. Berkata kotor.

        Penutupan kali ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru beserta staff Tata Usaha, Pengawas PAI SMA/SMK Kemenag, Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam sambutan Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan yakni Bapak Suwadi mengatakan bahwa yang membedakan sukses atau tidaknya seseorang adalah memanfaatkan waktunya. Orang yang sukses memanfaatkan waktunya dengan kegiatan positif akan lebih bagus, maka beliau berpesan bahwa anak SMA Negeri 1 Rantau harus cerdas memanfaatkan waktunya. Selanjutnya adalah mengenai shalat, bahwa anak SMA Negeri 1 Rantau harus rajin melakukan ini minimal shalat 5 waktunya tidak pernah bolong lagi. Karena shalat adalah tiang agama.

     Lalu dilanjukan sambutan oleh Pengawas PAI Kabupaten Tapin yakni Bapak Saihu yang mengatakan bahwa kegiatan keagamaan umumnya di SMA Kabupaten Tapin ini sangat membanggakan di kancah nasional, terus lanjutkan dan kembangkan inovasi kegiatan keagamaan agar meresap kedalam sanubari para peserta didik. Selanjutnya Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rantau yakni Bapak Mohammad Farid Amrullah, S.Pd.M.M.Pd  mengatakan bahwa seperti yang tertera di tema nomor 1 adalah akhlak. Beliau mewajibkan kepada seluruh peserta didik agar mengutamakan akhlak dalam kehidupan sehari-hari seperti mengucapkan salam kepada guru walaupun tidak mengajar. Karena tanpa akhlak maka sia-sia saja kepintaran yang ia miliki. Berakhlak dan pintar harus seirama. Lalu setelah itu bertaqwa kepada Allah SWT dengan cara shalat jangan ditinggalkan. Dan dengan resmi menutup kegiatan hari ini.
            
            Setelah sambutan-sambutan tersebut kegiatan ditutup doa oleh Bapak Padiya, S.Pd. Semoga kegiatan amaliah di pesantren ramadhan ini bukan hanya dilakukan disekolah tetapi diaplikasikan juga dirumah. Diantara amaliah yang dilakukan dipesantren ramadhan adalah :
1. Membaca Q.S Yasin.
2. Membaca Q.S Al Waqiah.
3. Shalat Dhuha.
4. Shalat Hajat.
5. Membaca Al Qur'an.
6. Senang mengikuti kajian islam dengan guru yang jelas sanad keilmuannya.
7. Shalat Dzuhur berjamaah yang nantinya dikuti 5 waktu lainnya untuk berjamaah.
8. Sedekah.
9. Disiplin waktu. 


        

Komentar

Posting Komentar