Hikmah Pesantren Ramadhan Day 3


        Alhamdulilah masih diberi kesehatan dan kesempatan hidup pada Ramadhan ke 7 ini. Semoga segala amal kita diterima oleh Allah SWT dan selalu di ridhoi oleh Allah segala aktivitas kita. Hari ini sangat luar biasa disamping dengan rangkaian kegiatan seperti biasa yang ditambah dengan pembacaan Al Waqiah sebelum shalat dhuha, disamping itu bertepatan dengan ulang tahun dari guru SMA Negeri 1 Rantau yakni Ibu Munikah. Sontak seluruh siswa/i kelas X mengumandangkan syair mabruk alfa mabruk kepada beliau. dan disisipi doa semoga beliau selalu sehat, panjang umurnya, serta manfaat dunia akhirat. Dalam sambutannya beliau berpesan mengenai keutamaan bersedekah terlebih dibulan Ramadhan yang mana akan dilipatgandakan serta memperlancar keinginan kita dikabulkan oleh Allah SWT. 

        Penceramah hari ini adalah Guru Ahmad Mahfuzi dari desa Lumbu Kabupaten Tapin. Beliau membawakan materi mengenai keistimewaan Al Qur'an dan keutamaan membaca Al Qur'an. Pada kajian ini dihadiri oleh kepala sekolah Bapak Muhamad Farid Amrullah, S.Pd., M.M.Pd untuk mendengarkan kajian tersebut. Guru Ahmad Mahfuzi mengatakan bahwa sesuatu yang terikat dengan Al Qur'an maka ia akan mulia. Seperti kulit kambing ketika menjadi cover Al Qur'an maka ia akan dimuliakan dan dicium untuk dihormati. Beda ketika kulit kambing tersebut digunakan menjadi bedug, maka fungsinya akan dipukul. Malaikat Jibril ketika berhubungan dengan Al Qur'an, ia pun menjadi pemimpin para malaikat. Bulan ketika terikat dengan turunnya Al Qur'an maka ia menjadi bulan yang sangat mulia, bulan tersebut adalah bulan Ramadhan. Umat yang diturunkan Al Qur'an, maka ia menjadi umat yang terbaik, bahkan tidak masuk surga pertama kali kecuali dari kalangan umat Nabi Muhammad SAW. 
            Nabi Musa minta kepada Allah untuk ditakdirkan menjadi umat Nabi Muhammad, tapi tidak dikabulkan oleh Allah SWT, kita yang tanpa meminta namun secara otomatis menjadi umat Nabi Muhammad harus bersyukur, karena ini nikmat yang luar biasa.  Bahkan menjelang hari kiamat nanti, Nabi Isa turun ke muka bumi dan menjadi umat Nabi Muhammad SAW. 

             Kita dapat mengambil pelajaran dari Bj. Habibie, rahasia beliau menjadi cerdas adalah sering membaca Al Qur'an sebelum shubuh berlangsung, jadi bagi kita yang ingin diberikan kecerdasan oleh Allah maka sering-seringlah membaca Al Qur'an. Baca Al Qur'an dengan tartil yakni sesuai tajwidnya. Guru Ahmad Mahfuzi juga menjelaskan mengenai tanda wakaf dalam Al Qur'an seperti saktah (berhenti sejenak tanpa mengambil nafas), tanda titik tiga (Ta'anuq), La ( harus melanjutkan), dan lain-lain.
                Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al Qur'an. Itu sudah ketetapan Allah SWT. Jadi mari mulai sekarang untuk belajar Al Qur'an dari tajwidnya hingga mencapai taraf maknanya. Orang yang selalu bersama Al Qur'an dia akan dimuliakan disekitarnya baik dengan sesama makhluk ,apalagi dengan Allah SWT.
            Setelah 1 jam berlangsung tiba saat sesi pertanyaan oleh Siswa kelas X diantara pertanyaannya adalah :
1. Apakah boleh kita bermusuhan dengan teman yang sedang berantem dengan sesama muslim ?
Jawab :
Boleh, dengan batas hanya 3 hari. Selebih itu wajib untuk saling meminta maaf.

2. Semisal membaca Al Qur'an tapi tidak ada yang membimbing, setelah itu salah membaca dan tidak tau, apakah pahalanya tetap sama dan hukumnya apa ?
Jawab :
Membaca tanpa tahu artinya tetap mendapatkan pahala, terlebih lagi mengetahui maknanya. Tetapi harus diniatkan untuk selalu belajar agar kedepannya bisa membaca Al Qur'an dengan benar dan mencari pembimbing agar bisa tidak perasa benar dalam membaca.

3. Bermusuhan dengan teman yang non muslim selama lebih dari 3 hari apakah hukumnya sama dengan sesama muslim ?
Jawab : Kita mempunyai kewajiban sebagai seorang muslim untuk menghormati orang yang beda agama dengan kita. Terlebih ketika terjadi pertengkaran maka pintu maaf harus selalu terbuka untuk kedua belah pihak.

4. Apa hukum menjadi petarung bela diri dalam Islam, apakah boleh ?
Jawab. Jika tingkat MMA maka itu haram karena sudah sampai menyakiti orang lain bahkan nyawa taruhannya. tetapi jika gulat masih diperbolehkan. Karena zaman Nabi Muhammad Saw, beliau pernah bermain gulat.

5. Apa akibat bagi orang yang berpuasa namun berdusta dan berkata kotor ?
Jawab : Tidak ada pahala baginya.

6. Kiamat itu kan hari Jum'at misal di negara lain beda hari bagaimana ?
Jawab : Allah Maha kuasa membuat seluruh negara menjadi hari Jum'at dan siang semua, jadi yang dipikirkan adalah bagaimana kita bisa selalu beribadah kepada Allah SWT.

7. Bagaimana hukumnya apabila kita diperlakukan kurang baik dengan orang yang lebih tua ?
Jawab : Itu adalah ranah yang tidak bisa kita kontrol karena orang lain yang melakukannya. Tetapi yang bisa kita kontrol adalah diri kita untuk berbuat baik kepada orang lain, karena iman yang paling tertinggi itu adalah ketika orang mendzalimi kita tetapi kita masih berbuat baik, sebagaimana Rasulullah SAW dilempar kotoran tetapi beliau menjenguk orang yang melempar tersebut ketika sakit.

8. Apa hukum seseorang yang melakukan zina pada bulan puasa ?
Jawab : Pada bulan lainnya saja ini termasuk dosa besar. Terlebih di bulan puasa ketika amal dilipatgandakan, maka orang yang berbuat dosa akan juga dilipatgandakan.

9. Bagaimana hukumnya membenci orangtua karena trauma ?
Jawab : Kita wajib tetap menghormati orangtua selagi tidak menyuruh kita untuk berbuat maksiat dan keluar dari syariat Nabi Muhammad SAW.   


Komentar

Posting Komentar